6 Penggunaan Android Inovatif

Android Inovatif

Kehadiran Android di pasar smartphone dan tablet tidak hanya dimanfaatkan oleh user, namun juga oleh berbagai perusahaan. Adanya kerja sama antara produsen perangkat Android dan perusahaan-perusahaan tertentu untuk pemanfaatan produk Adnroid dalam jumlah besar menjadi salah satu pemicu tingginya permintaan perangkat Android.

Mereka yang memanfaatkan perangkat Android itu memiliki tujuan untuk memudahkan pegawai dalam bekerja, juga sebagai salah satu layanan unggulan bagi pelanggan mereka. Tak hanya perusahaan, namun sekolah, universitas dan lembaga-lembaga pemerintah dan independen juga melakukan hal serupa dengan memanfaatkan aplikasi pendukung yang ada di smartphone maupun tablet Android.

Situs Zdnet mencatat hingga saat ini (Sep 2011) ada 20 perusahaan termasuk sekoalah dan perguruan tinggi yang secara resmi menggunakan prangkat Android untuk menunjang kegiatan mereka.

Dari daftar 20 perusahaan tersebut, di sini Gogego mengulas sejumlah pemakaian perangkat Android yang paling mencolok. Ada 6 perusahaan/lembaga dengan tujuan peggunaan smartphone dan tablet Android paling inovatif.

1. Penggunaan Tablet Android Terbanyak

American Airlines, maskapai penerbangan Amerika, meggunakan 6000 Samsung Galaxy Tab 10 sebagai layanan hiburan untuk penumpang pesawat mereka. Layanan itu diberikan bagi penumpang first class dan business class. Sebelumnya perusahaan ini juga memberikan ribuan iPad untuk para pilot mereka.

2. Penggunaan Android Paling Menarik

University of Southern Mississippi bekerja sama dengan Samsung untuk pemakaian 1000 Galaxy Tab 10 sebagai proyek percontohan. Tablet tersebut akan digunakan oleh mahasiswa yang mengambil program Honor College. Dengan GTab 10.1, pihak universitas memberikan pada mahasiswa dan pendidik mobile access ke perkuliahan, silabus, konten, e-book, nilai, jadwal, pemberitahuan darurat, dan banyak lagi.

3. Penggunaan Android Paling Luas

Samsung Galaxy Tab bisa disebut sebagai tablet dengan jumlah unit paling banyak digunakan oleh perusahaan rekan kerja Samsung. Namun dalam hal konsumen, Cisco Cius adalah perusahaan yang memanfaatkan Android dengan jumlah konsumen terbesar. Saat rilis tablet Android Juli lalu, Cisco memasukkan 5 perusahaan dari berbagai bidang industri miliknya. Nottingham University Hospital adalah salah satu contohnya. Rumah sakit itu memakai Cisco tablet dan ponsel portable IP untuk memberikan akses bagi para dokter pada perawatan pasien sehingga mempercepat kesembuhan pasien dan memperpendek waktu rawat inap. Program tersebut mampu menghemat 292.000 poundsterling dalam laporan tahunan keuangan mereka.

4. Penggunaan Android Paling Ambisius

Pemilik surat kabar Philadelphia Inquirer dan Daily News merencanakan menjual 2000 tablet Android untuk para konsumen dua surat kabar itu dengan potonga harga khusus. Konsumen yang tertarik pada tablet Android itu nantinya akan bisa berlangganan Philadelphia Inquirer dan Daily News versi digital. Proyek ini merupakan yang pertama di Amerika karena selam ini tidak ada perusahaan yang menawarkan produk bundling dengan konten di dalamnya, demikian penjelasan CEO Greg Osberg.

Osberg megatakan bahwa Philadelphia Inquirer dan Daily News akan menjadi media paling inofatif di Amerika. Meski belum mempublikasikan berapa biayan langganan yang dibebankan pada konsumen namun rumor menyebut biaya itu tidak akan lebihd ari $75/tahun.

5. Penggunaan Android Paling Beragam

SAP AG yang dipimpin oleh CIO Oliver Bussmann menggunakan secara serentak 8.946 unit iPhone, Samsung Galaxy Tabs dan BlackBerry Playbooks. Angka tersebut tercatat pada September ini dan dipastikan akan terus bertambah. Tahun lalu SAP AG yang merupakan perusahaan software solutions itu hanya memanfaatkan BlackBerry smartphone dan kini telah memanfaatkan lebih banyak produk dari beragam produsen.

6. Penggunaan Android Dengan Tujuan Jangka Panjang

Penjaga pantai Amerika atau Coast Guard telah menyetujui penggunaan iPhone dan smartphone Android dalam jumlah besar untuk para anggotanya yang bertugas di lepas pantai. Hal yang masih dalam proses persetujuan oleh Angkatan Laut dan Marinir. Sementara Angkatan Darat Amerika masih mempelajari perangkat mobile apa yang paling tepat digunakan dalam medan pertempuaran, termasuk di dalamnya mencari aplikasi smartphone dan tablet Android yang bisa mendukung network di medan perang.

Selain itu departemen Veteran Amerika juga telah memanfaatkan iPad dan tablet Android. Sementara BlackBerry PlayBook tercatat sebagai tablet pertama yang telah mendapatkan sertifikasi FIPS dan dinyatakan lolos uji oleh pemerintah federal Amerika.

Sampai saat ini jumlah perusahaan dan lembaga yang memanfaatkan smartphone dan tablet Android semakin membesar. Tentu saja tujuan dari perusahaan tersebut berbeda satu sama lain. Yang pasti, keberadaan Android melalui smartphone dan Android telah memudahkan banyak pihak untuk bekerja juga membantu sesama.

via gopego.com