Listrik Pintar

Ini adalah pengalaman saya dalam Penyambungan Baru Listrik Pintar di Kota Tomohon yang mana Kota Tomohon Merupakan Pilot Project Kota Listrik Pintar di mana semua listrik akan migrasi ke Listrik Prabayar sesuai dengan MOU PEMERINTAH KOTA TOMOHON DENGAN PLN SULTENGGO.

Dari surat yang di dapat

Nomor : 02/Pln/Ryn-Tmh/2013

Perihal : ” PEMBERITAHUAN MIGRASI KE LISTRIK PRA BAYAR

Kepada yang Terhormat :

SELURUH PELANGGAN PLN RAYON TOMOHON

  1. Kantor Dinas, BUMD, Kantor Camat, Kantor Lurah dan rumah-rumah Dinas/rumah pejabat dan lingkungan Pemkot Tomohon
  2. Kantor BUMN, Bnak Milik Pemerintah dan Swasta
  3. Gedung Sekolah, Perguruan tinggi, Yayasan milik Pemerintah/swasta
  4. Gedung Gereja, Pastori, Mesjid dan Yayasan-yayasan
  5. Supermarket, Tokoh, Restoran, Rumah makan dan rumah tinggal

Dalam rangka Program PT. PLN (Persero) wilayah Suluttenggo Area Manado tahun 2013, Tomohon di tetapkan sebagai Kota Listrik Pintar di mana seluruh pelanggan PLN di Kota Tomohon akan di Migrasi ke Listrik Pasca Bayar ke Listrik Pra Bayar ( Listrik Pintar ).

Sehubungan dengan maksud tersebut disampaikan kepada seluruh pelanggan PLN bahwa pelaksanaan migrasi dari listrik pasca bayar ke listrik pra bayar ( listrik pintar ) sementara di laksanankan oleh petugas PLN Rayon Tomohon.

Demikian pemberitahuan ini disampaikan untuk diketahui dan atas kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Tembusan:

Walikota Tomohon, Ketua DPRD Kota Tomohon, Kapolres Tomohon, Dandim 1302 Minahasa, Ketua Pengadilan Negeri Tondano, Kepala Kejaksaan Negeri Tondano, Camat Tomohon Utara, Selatan, Tengah, Timur, Barat, Lurah se Kota Tomohon, General Manager PLN Wilayah Suluttenggo, Manager PLN Area Manado

Itulah surat Pemberitahuan dari PLN untuk migrasi dan mengunakan Listrik Pra Bayar .

 

MIGRASI KE LISTRIK PRA BAYAR

Untuk migrasi ke listrik pra bayar dalam kasus ini di Kota Tomohon tidak ada biaya syaratnya hanya lunas pembayaran Listrik sampai bulan di mana akan migrasi ke  Listrik Pra Bayar. 

Jadi pasa saat saya di datangi oleh petugas PLN maka dengan pasra menyerahkan meter Listrik Pasca Bayar untuk di ganti ke Listrik Pra Bayar dan melunasi pemakaian listrik saya.

 

PENYAMBUNGAN BARU LISTRIK PRA BAYAR

Sesuai brosur yang diberikan PLN Tabel Biaya Penyambungan (BP)

Rumah Tangga Daya  RP/VA Jumlah
R1 – TR 450 750 Rp. 337.500
R1 – TR 900 750 Rp. 675.000
R1 – TR 1300 750 Rp. 975.000
R1 – TR 2200 750 Rp. 1.666.00

SYARAT PENYAMBUNGAN BARU (BP)

  1. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku
  2. Gambar denah lokasi rumah
  3. Menyelesaikan Tunggakan listrik bila pelanggan lama pernah ada tunggakan
  4. Melaksanakan pembayaran biaya penyambungan (BP)
  5. Penyalaan aliran listrik akan dilaksanakan setelah calon pelanggan memperlihatkan Sertifika Laik Operasi (SLO)

Ok persyaratan sudah lengkap saatnya ke PLN dan setibah di kantor palayanan PT.PLN tomohon jam 09:00 di tempat tunggu ada 2 orang yang sedang menunggu juga karena petugas belum ada ??? padahal suda jam kantor. Karen saya tidak sabar menunggu saya pun menuju tempat kerja. Setelah jam 14:00  saya menuju Kantor PLN Tomohon dan petugas pun telah ada di tempat.

Karena suda tidak ada yang antri maka saya langsung menuju petugas dan mengatakan ingin Penyambungan Baru PLN. Petugas tersebut menanyakan KTP dan gambar dena lokasi. 10 menit kemudian saya di berikan kertas pembayaran biaya penyambungan baru R1 900 Watt dengan total Rp. 675.000 dengan spontan saya tanya langsung bayar di sini ? tapi kata petugas pembayaran di Loket PPOB (pembayaran oline) dalam hati saya mantap benar-benar sudah online dan bisa menghindari KKN awesome PLN. Kemudian saya pun keluar dari kantor PLN dan pergi ke kantor POS untuk membayar tagihan tersebut. Setelah selesai pembayaran saya balik lagi ke kantor PLN untuk menyerahkan bukti pembayaran untuk di proses.

Menunggu 10 Menit untuk di proses, setelah di proses menanda tangan berkas persetujuan setelah selesai saya tanya ke petugas apakah sudah selesai? Kemudian kata petugas peroses terakhir ada pembayaran Rp. 275.000 dan saya pun kaget karena untuk biaya yang satu ini tidak ada dalam daftar pembayaran saya dan ini adalah pembayaran tidak terduga, yang tidak di ketahui oleh publik juga tidak ada dalam brosur PLN.  Karena ini biaya tidak terduga saya pun meminta bukti pembayaran dan akan di bayar via online, tapi kata petugas ini tidak di bayar online melainkan langsung bayar di tempat juga tidak ada nota???? saya pun jadi bertanya-tanya dan bertanya ke petugas ini biaya apa sebenarnya, kenapa tidak ada di brosur??  Jawab petugas ini adalah biaya Sertifika Laik Operasi saya pun jadi bingung karena tidak tau akan hal ini. Memang pada saat saya membaca persetujuan dan persyarata, pemasangan akan dilakukan apa bila suda ada Sertifika Laik Operasi. Untuk mempercepat proses mengingat saya juga akan balik ke kantor saya pun membayar biaya ini dan meminta kwitansi pembayaran yang di tanda tangani oleh petugas terserbut. Setelah melakukan pembayaran ini saya tuntas suda proses pemasangan baru Listrik Pra Bayar / Listrik Pintar.

Terakhir saya tanyakan ke petugas berapa lama waktu untuk di tunggu pemasangan listrik baru ini. Jawab petugas 2 – 3 hari kalau cuaca tidak hujan.

Setelah menunggu 3 hari saya pun di telepon oleh petugas PLN mereka akan kerumah untuk memasang Listrik Pra Bayar yang baru.

Pembelian Token PLN

 Daya R1  1300 Watt

Pembelian Token di Loket PPOB

Bayar Rp. 100.000

Admin Bank Rp. 1.600

PPJ Rp. 8946

Rp Strom Rp. 89454

Jumlah KWH yang di dapat 101,80

 Daya R1  900 Watt

Pembelian Token di Loket PPOB

Bayar Rp. 100.000

Admin Bank Rp. 1.600

PPJ Rp. 8946

Rp Strom Rp. 89454

Jumlah KWH yang di dapat 147,90