Partisi SDCard Android

How To PARTITION SDCard

How to manually partition your SD card for Android Apps2SD
Peringatan yang membuat kesal saat sedang ingin menginstall aplikasi atau game di Android kesayangan. Permasalahan tersebut mungkin sering terjadi dan membuat kita bingung, mengapa aplikasi atau game yang diinstall di Sdcard tetapi juga tetap mengurangi space dari phone memory.

 

Pertama siapkan dulu beberapa perlengkapannya. Download
Partisi SDCARD
  1. BackUP semua data dan aplikasi di SDcard karena ini akan memformat seluruh isi dari Sdcard, caranya mengcopy semua isi dari SDCARD ke Hardisk PC. Jangan lupa untuk check view hidden files, agar folder ‘system’ ikut tercopy. **disarankan mengunakan Card Reader.
  2. Install MiniTool Partition Wizard Home Edition dan jalankan.
  3. Hapus partisi yg ada di sdcard
  4. Buat Sdcard menjadi 3 partis
    1. Partisi FAT32, Partisi ini gunanya untuk menyimpan file data-data kita seperti foto, mp3, dll. Cara membuatnya, pilih create as menjadi Primary dan File system menjadi FAT32, lalu dibagian location pilih berapa size yang akan digunakan sebagai penyimpanannya. Misalnya saya pakai 8 GB jadi 700MB untuk Ext2 dan 700 MB untuk Linux Swap.
    2. Partisi Ext2, Partisi ni gunanya untuk menyimpan data dari aplikasi atau game yang akan diinstall ke Android. Cara membuatnya, pilih create as menjadi Primary dan File system menjadi Ext2.
    3. Partisi Swap Linux, Partisi ini digunakkan untuk membantu kinerja RAM.pilih create as menjadi Primary dan File system menjadi Linux Swap.
  5. Setelah selesai membuat partisi klik Apply dan tunggu sampai sukses.
  6. Apabila gagal silakan di ulang kembali. dalam hal ini saya lakukan berjalan dengan baik.
  7. Pasang kembali SDcard ke Android dan Hidupkan.
  8. Install Link2sd. Superuser akan bertindak memberi permission dan link2sd akan meminta anda merestart phone. Restart!

Note : memori telpon akan berkurang jika aplikasi yg kita install tidak support Link2SDcard (walau kita move ke SDcard pasti memori telpon akan berkurang) jika aplikasi tersebut memang support Link2Sdcard maka memori telpon tidak berkurang terlalu banyak mungkin hanya beberapa KB saja. Aplikasi yg saya gunakan yg tidak bisa pindah ke sdcard Yahoo Messenger, Android Market, Battery Monitor.

Saran : Untuk Aplikasi Antivirus,Link2sd,App2SD ada bagusnya di install di internal memory.

via www.android-indonesia.com